Kamus SEO ini kami susun berkembang, setiap saat kami menambahkan istilah baru ke dalamnya. Mungkin terlalu “heboh” juga sih menggunakan istilah kamus SEO sementara isinya relatif terbatas. Tapi apa boleh buat, sepertinya istilah itulah yang paling mudah menggambarkan halaman yang berisi daftar istilah SEO yang sering dipergunakan, khususnya oleh para praktisi dan pakar SEO dalam percakapan sehari-hari.

SERP – singkatan dari Search Engine Result Page yang secara umum dapat diterjemahkan sebagai “Halaman Hasil Mesin Pencari”. SERP adalah halaman web berisi daftar website sebagai hasil pencarian dengan kata kunci yang kita ketikkan pada mesin pencari. Karena banyaknya jumlah website dan halaman web di jagat maya, website dan halaman web yang masuk ke dalam SERP jumlahnya bisa sangat banyak. Untuk itu SERP dibagi menjadi halaman-halaman.

Ranking – adalah urutan website di dalam SERP. Makin tinggi ranking, makin besar kemungkinan website kita mendapatkan kunjungan melalui mesin pencari.

Search Engine – website yang berfungsi membantu kita menemukan website-website lain atau halaman-halaman web yang memiliki isi yang sesuai dengan kata kunci yang kita ketikkan.

Keyword – secara lugas sering diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi “kata kunci”. Keyword adalah kata atau frasa yang kita ketikkan pada saat melakukan pencarian melalui search engine.

Page One – seperti bisa ditebak, page one adalah halaman pertama alias halaman kesatu. Dalam SEO istilah “page one” merujuk pada halaman pertama SERP. Memiliki website atau halaman web yang berada di Page One membuat nya mudah ditemukan sehingga besar kemungkinan mendapatkan traffic yang tinggi.

SEO – singkatan dari Search Engine Optimization atau bisa diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Optimasi Mesin Pencari. SEO adalah aktivitas terstruktur yang dilakukan agar suatu website atau halaman web mendapatkan ranking yang tinggi di SERP untuk keyword yang relevan dengan isinya.

Black Hat – adalah praktek SEO yang dilakukan dengan cara-cara yang bertentangan dengan panduan yang diberikan oleh search engine. Dengan teknik black hat, pemilik website atau halaman web “menipu” search engine, sehingga search engine mengira website atau halaman web tersebut berhak mendapatkan rangking yang tinggi.

Traffic – adalah lalu lintas pengunjung yang datang ke website kita. Biasanya dihitung dalam jumlah kunjungan per satuan waktu, misalnya 1000 kunjungan per hari.

Visit – adalah kunjungan ke sebuah website. Saat kita membuka browser internet dan mengunjungi suatu website itulah yang disebut visit.

Visitor – adalah fihak yang melakukan visit, mengunjungi sebuah website. Saat kita mengunjungi sebuah website, kita adalah visitor.

Robot – adalah program milik search engine yang menjelajahi jagat maya dengan mengunjungi website-website dan halaman-halaman web dengan mengikuti link yang ada di halaman website yang dikunjunginya.

Link – pada website atau halaman web adalah rujukan yang menghubungkan website atau halaman web tersebut dengan website atau halaman web lain. Link bisa dibuat dalam berbagai bentuk, teks, foto, atau komponen website lain seperti tombol misalnya. Saat sebuah link kita click, kita akan berpindah ke website atau halaman web yang dirujuk oleh link tersebut.