Kali ini kita akan membahas bahas SEO lokal. Google tidak hanya membuka jalan bagi para pemilik dan pengelola website untuk mendapatkan limpahan pengunjung ke webaite mereka. Google juga menyapkan jalan bagi para pemilik usaha konvensional yang memiliki tempat usaha dengan lokasi permanen untuk mendapatkan pengunjung yang melakukan pencarian melalui Google.

Tentunya untuk pengunjung yang datang ke lokasi usaha konvensional, parameter relevansinya bukan hanya soal keyword tapi juga lokasi.

Misalnya orang melakukan pencarian dengan keyword yang menyertakan atribut lokasi seperti “hotel murah di Bandung”. Lalu bagaimana kalau atribut lokasi itu tidak disertakan? Google akan mendeteksi lokasi tempat si pengguna berada dan memberikan hasil pencarian yang lokasinya berdekatan.

Kalau anda mempunya usaha konvensional yang memiliki lokasi permanen dan ingin mendapatkan aliran pengunjung dari Google, anda harus mempelajari satu bidang SEO yang secara khusus berfokus kesitu. Di dunia digital marketing kita bisa kenal dengan istilah SEO lokal.

Untuk muncul dalam hasil pencarian lokal memang tidak harus memiliki website. Tetapi kalau mau memaksimalkan kuantitas dan kualitas traffic yang didapatkan, memiliki website bisa dikatakan sebuah keharusan.

Pencarian lokal bisa mencakup banyak hal. Contoh-contoh keyword yang digunakan saat melakukan pencarian misalnya:

  • hotel murah di Bandung
  • restoran halal terdekat
  • praktek dokter hewan di Bekasi
  • toko alat tulis terdekat
  • tempat wisata di Bali

Pada dasarnya SEO lokal merupakan proses yang menekankan pada strategi dan teknik optimasi untuk usaha konvensional yang memiliki lokasi fisik seperti toko, kantor, restoran, dan sebagainya.

Melengkapi usaha konvensional dengan website sangat diperlukan.

Banyak strategi dan teknik SEO juga diperlukan dalam SEO lokal. Konten, optimisasi on-page, dan link building tetapi penting. Hanya arahnya yang berbeda, lebih difokuskan pada lokasi tempat usaha berada.

Salah satu yang harus sangat diperhatikan mengenai fokus terhadap lokasi itu adalah dalam hal link building. Harus benar-bensr diupayakan agar profil backlink memiliki relevansi lokasi yang tinggi sehingga tidak mengaburkan indikator relevansi lokasi yang justru sangat esensial bagi Google dalam menentukan hasil pencarian lokal.

Produknya sendiri dapat ditemukan di Google Business Profile.

Pencarian Lokal Sangat Penting

Sebaran penggunaan internet yang terus melebar membuat cara hidup orang berubah drastis. Jika sebelumnya orang menggunakan search engine untuk mencari sumber informasi, perusahaan, atau produk yang tersedia secara online, sekarang untuk mencari toko, tempat usaha, layanan jasa, dan lain-lain yang memiliki lokasi fisikpun dilakukan dengan menggunakan search engine.

Data-data di bawah bisa menjadi referensi untuk melihat betapa pentingnya pencarian lokal bagi usaha konvensional:

50% pengguna internet yang melakukan pencarian lokal melalui smartphone datang mengunjungi toko pada hari yang sama.

18% pengguna internet yang melakukan pencarian lokal membeli dari toko yang dikunjunginya pada hari yang sama.

Di Amerika Serikat, 60% orang dewasa mencari penyedia lokal untuk jasa dan produk yang dibutuhkannnya melalui smartphone.

50 persen orang yang melakukan pencarian melalui smartphone mencari informasi lokasi, misalnya alamat toko.

78% pencarian lokal yang dilakukan melalui smartphone berakhir dengan pembelian secara offline.

Dalam sebuah survey didapatkan data bahwa 71% pengguna internet melakukan pencarian lokasi melalui smartphone untuk memaatikan kalau tempat usaha yang akan dikunjunginya benar-benar ada dan buka.

1 dari 3 pencarian melalui smartphone dilakukan sesaat sebelum dia datang ke toko.

97% konsumen melakukan pencarian untuk perusahaan-perusahaan di sekitarnya secara online. 12% diantaranya melakukannya setiap hari.

Siapa Saja Bisa Mendapat  SEO Lokal?

Jasa Profesional

Apa sih yang disebut jasa profesional? Biasanya menyangkut konsultasi dan layanan yang memerlukan keahlian khusus yang dilegalisasi lembaga berwenang. Misalnya konsultan pajak, pengacara, auditor, dan sebagainya. Selain muncul di daftar hasil pencarian dengan menampilkan peta lokasi, jika pencarian dilakukan melalui smartphone, akan akan muncul tombol untuk menelepon.

Jadi saat seorang pengguna Google menggunakan smartphonenya dan melakukan pencarian “kantor pengacara” misalnya, Google akan memberikan hasil yang tidak hanya relevan dengan keyword, tetapi juga dengan lokasi tempat dia melakukan pencarian. Artinya yang muncul adalah kantor-kantor pengacara di lokasi yang sama dengan tempat dia berada.

Kalau ditangani dengan tepat, SEO lokal akan membuat kantor pengacara tertentu nangkring di posisi paling atas untuk hasil pencarian berdasarkan lokasi, lengkap dengan tombol telepon sehingga orang yang melakukan pencarian bisa langsung menghubungi lewat telepon.

Dokter dan Layanan Medis

Hampir semua orang saat mencari dokter yang dimaksud adalah dokter yang lokasinya berada di sekitar kita. Orang yang mencari dokter tentu karena dia atau salah satu orang dekatnya sakit dan perlu pengobatan. Tentu dia akan memprioritaskan dokter yang dekat.

Mereka yang mencari dokter biasanya juga sedang berada dalam kondisi terdesak. Jadi biasanya mereka melakukan pencarian, menemukan hasil, dan langsung mengambil tindakan, misalnya langsung menelepon untuk daftar atau bahkan langsung cus berangkat.

Tukang Panggilan

Ada juga usaha-usaha yang layanannya tidak dilakukan di tempat mereka tetapi di tempat konsumennya. Misalnya tukang AC atau service pompa air. Usaha-usaha seperti ini umumnya layanannya diberikan dalam bentuk panggilan, dilakukan di tempat konsumen. Hampir tidak mungkin orang mencabut AC sendiri lalu diangkut ke tukang service.

Usaha seperti ini juga umumnya sangat spesifik dengan lokasi, karena orang tidak akan mau menunggu lama dan membayar lebih mahal untuk ongkos jalan.

Kalau orang menggunakan Google untuk mencari “tukang service pompa air” misalnya, sudah hampir pasti yang dicari adalah yang lokasinya paling dekat. Kelebihannya adalah biasanya mereka melakukan pencarian bukan karena iseng tapi saat benar-benar membutuhkan. Kalau pompa airnya lancar-lancar saja, kecil kemungkinan dia iseng membuka Google dan mengetik “tukang service pompa air”.

Karena meghadapi kebutuhan mendesak, biasanya mereka akan langsung angkat telepon. Tidak ada jeda dari saat mereka melakukan pencarian sampai mengambil tindakan. Scroll-scroll sampai ke bawah-bawah, hampir tidak mungkin, mereka buutuh cepat. Apa yang muncul di atas itu akan langsung mereka telepon.

Kalau sudah begini artinya konversinya top banget.

Restoran

Nah kalau bicara restoran biasanya agak berbeda.

Kemungkinannya biasanya dua. Pertama dia lapar dan ingin makan sekarang. Artinya dia mencari sesuatu yang lokasinya dekat. Misalnya saja dia lapar, ingin makan sate ayam, dia akan ambil smartphone dan melakukan pencarian “sate ayam”. Biasanya mereka akan langsung mengambil tindakan. Berangkat.

Kemungkinan kedua saat akan melakukan perjalanan, berlibur misalnya, orang seringkali sudah melakukan riset jauh-jauh hari sebelumnya, sebelum berangkat. Misalnya saja mereka yang beragama Islam, tinggal di Jakarta, dan akan berlibur di Bali, mungkin mereka akan melakukan pencarian “rumah makan halal dekat Kuta”.

Bentuknya beda, tapi sama-sama berbasis lokasi.

Komponen Penting SEO Lokal

Sebetulnya komponen-komponen penting SEO lokal tidak banyak bedanya dengan SEO biasa. Riset keyword, konten, link, dan sejumlah faktor teknis. Hanya fokus cakupan geografisnya saja yang berbeda.

Riset Keyword

Riset keyword untuk SEO lokal tidak terlalu jauh berbeda dengan riset keyword untuk SEO biasa. Yang perlu menjadi catatan adalah munculnya kebutuhan untuk melakukan pencarian dengan fokus lokal, sering kali orang tidak sedang dalam kondisi duduk nyaman di depan komputer. Mungkin mereka sedang menyetir, lapar, dan karena itu mencari restoran terdekat.

Karena itu penggunaan voice search alias pencarian berbasis suara cukup dominan dalam SEO lokal. Alih-alih mengetik dia akan berbicara “cari restoran terdekat”. Saat Google memberikan jawaban dengan menampiklan hasil pencarian, mungkin dia akan meng-click salah satu untuk langsung menghubungkan dengan aplikasi peta yang akan memandu menuju lokasi.

Konsekuensinya kita juga harus mengoptimasi untuk keyword-keyword yang biasa diucapkan alih-alih diketikkan, karena saat kita menggunakan voice search, biasanya secara refleks kita akan memilih menggunakan gaya komunikasi verbal seolah-olah bertanya kepada orang lain, bukan pada mesin.

Konten untuk SEO Lokal

Pastinya konten untuk SEO lokal harus memberikan tekanan pada lokasi.

Detail tetap sangat penting. Panjang mungkin bukan faktor yang terlalu dominan disini, karena orang yang sudah dalam posisi membutuhkan saat itu juga, tidak akan mau menghabiskan waktu terlalu lama untuk membaca. Misalnya saat orang lapar sambil nyetir, dia akan memilih restoran dari hasil pencarian tanpa terlalu banyak memnaca konten. Kita harus mencari cara yang lebih memudahkan pengguna untuk menampilkan konten detail tapi mudah dibaca.

Backlink

Meskipun yang namanya backlink dalam situasi apapun tetap sama, link building dalam SEO local sedikit berbeda. Pastinya letak perbedaanya ada pada lokasi. Link dari perusahaan-perusahaan yang berada di lokasi yang berdekatan menunjukkan bahwa perusahaan kita populer di lingkungannya.

Backlink untuk SEO lokal juga harus lebih memperhatikan panduan Google. Merkipun Google memang tidak pernah secara resmi mengungkapkannya, tapi pengalaman menunjukkan efek backlink berkualitas buruk pada SEO lokal lebih parah daripada SEO biasa.

Secara spesifik, apa saja yang bisa dijadikan sumber backlink SEO lokal?

Website NAP

Apa itu website NAP? NAP itu kepanjangan dari name, address, phone number. Artinya website NAP adalah website yang menampilkan nama, alamat, dan nomor telepon perusahaan-perusahaan yang berada di lokasi tertentu. Konsepnya persis seperti Yellow Pages jaman dulu.

Website Direktori Lokal

Di era internet sekarang ini, bahkan banyak kota kecil mempunyai website direktori lokal sendiri. Cari direktori-direktori lokal yang relevan dengan lokasi usaha kita dan pastikan perusahaan kita masuk disitu, lengkap dengan link.

Website Berbasis Lokasi yang Sama

Secara umum, backlink dari website manapun selama kualitasnya bagus dan kontennya relevan tentu membawa pengaruh positif. Tapi untuk SEO lokal, kita harus memasukkan satu parameter lagi pada relevansi backlink, lokasi. Jadi pastikan kita mendapat link dari website-website yang usahanya berada di lokasi yang sama.

Website Milik Partner Lokal

Biasanya perusahaan memiliki partner-partner yang bekerjasama untuk melancarkan usaha. Pemasok bahan, penyedia sarana angkutan, supplier mesin produksi, bank yang memberi pendanaan, dan lain-lain. Pastikan kerjasama kita juga meliputi link dari website mereka.