Update algoritma Google merupakan sesuatu yang biasa bagi praktisi SEO. Google memang sering meng-update algoritmanya untuk terus meningkatkan kualitas hasil pencarian bagi penggunanya.
Hanya saja “magnitude” update algoritma yang diterapkan berbeda-beda. Ada yang pengaruhnya hampir tidak terasa, ada juga yang pengaruhnya sangat besar sehingga hasil pencarian seperti dikocok ulang dan website-website yang tadinya duduk nyaman di puncak SERP tiba-tiba terjun bebas bahkan hilang sama sekali.
Beberapa waktu lalu kita sempat membahas rencana Google untuk menerapkan update algoritma bertajuk “helpful content” dalam waktu dekat. Sejumlah pakar dan konsultan SEO dunia meyakini bahwa update algoritma yang satu ini efeknya akan sangat besar. Bahkan disebutkan yang terbesar dalam satu dekade terakhir. Satu dekade itu 10 tahun lho ya! Jadi efek update algoritma helpful content ini diperkirakan akan sangat signifikan.
Kalian masih bisa membaca artikelnya DISINI ya.
Nah sekarang Google sudah mengkonfirmasi bahwa update algoritma Google Helpful Content sudah di-“rollout” alias sudah diterapkan mulai tanggal 25 Agustus lalu. Disebutkan juga bahwa diperlukan waktu antara satu sampai dua minggu sampai update algoritma tersebut diterapkan secara merata deseluruh muka jagat maya.
Bagi Google, update algoritma jelas tujuannya memberikan hasil pencarian yang lebih berkualitas bagi penggunanya. Kita semua faham lah ya, kalau yang disebut hasil pencarian Google itu isinya daftar website – atau tepatnya halaman web – yang memberikan informasi paling berkualitas atas pertanyaan yang diajukan pengguna dalam bentuk keyword yang diketikkan saat melakukan pencarian menggunakan Google.
Memang kualitas informasi yang disajikan halaman web yang masuk dalam daftar hasil pencarian Google ini bukan tanggung jawab Google. Tapi Google jelas sangat bertanggung memilih mana halaman web yang masuk dan tidak, dan mana yang muncul lebih dahulu dalam urutan daftar hasil pencarian mana yang belakangan. Dalam bahasa SEO kita biasa menggunakan istilah indeks dan ranking.
Dari sisi kita pemilik atau pengelola website yang sangat berkepentingan dengan traffic yang dihasilkan dari ranking tinggi pada daftar hasil pencarian, urusan kita adalah memastikan bahwa website atau halaman web kita dinilai relevan dengan kewyord yang kita targetkan sehingga masuk SERP dan dinilai merupakan sumber informasi yang berkualitas sehingga mendapat ranking yang tinggi.
Jadi ketika Google menerapkan update algoritma baru, kepentingan kita adalah memastikan bahwa website kita sejalan dengan parameter-parameter yang digunakan Google dalam mengukur kualitas dan relevansi content. Dengan begitu website kita tidak akan terpengaruh secara negatif, kalau bisa justru positif.
Secara sederhana, saat ada update algoritma Google baru, rangking website dan halaman-halaman dalam website kita tidak turun, kalau bisa malah naik.
Emang bisa begitu?
Bisa banget!
Pada posting berikutnya kita akan bahas deh, apa yang harus kita lakukan untuk memastikan kaau ranking kita tidak turun, kalau bisa bahkan naik setelah update algoritma Google helpful content ini.